Loading...

Jumat, 08 Juli 2011

Ketulusan

Terkadang kita selalu tertawa saat mendapat kabar bahagia, senang, saat mendengar teman membuat lelucon, atau ada hal-hal yang lucu yang membuat kita tertawa, dan kita selalu bersedih ketika kita mendapat berita buruk, sesuatu yang amat sangat tidak menyenangkan, membuat kecewa, marah dan sebagainya. Tapi sebenarnya tawa tidak selalu kebahagiaan, tangisan tidak selalu kesedihan, tapi ketulusan selalu menyenangkan walaupun selalu ga dianggap. Yah benar terkadang kita harus tertawa saat kita mengalami kesedihan itu untuk menutupi kesedihan kita dan menjawab pertanyaan teman-teman kita tentang masalah yang dihadapi, kita terkadang harus bersedih tatkala sedang mendapat kabar gembira atau saat kita sedang bersenang-senang bersama teman-teman karena bisa jadi itu ga bisa kita rasakan lagi di suatu hari nanti dan itu hanya akan menjadi memori yang indah.

Ketulusan, sebenarnya apa ketulusan itu? dalam kamus bahasa indonesia ketulusan itu berarti murni, ada juga yang mengatakan bahwa ketulusan itu merupakan sesuatu yang keluar dari dalam, yang memberikan pengertian tanpa mengharapkan timbal balik, yah kurang lebih sama dengan ikhlas. Ketulusan merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan karena memang itu berada dalam tingkatan paling tinggi, ketulusan tidak dapat dinilai oleh manusia karena yang dapat menilai ketulusan hanyalah Tuhan. Saat kita memiliki hati yang tulus maka kita selalu bisa menilai segala sesuatu dengan positif. Ketulusan adalah hati yang mau memberi tanpa ingin memiliki untuk kepentingan pribadi. Ketulusan seharusnya menyenangkan tapi terkadang selalu dibarengi dengan kesedihan, untuk itu anggap kesedihan itu sebagai kebahagiaan, cara untuk menjadi bahagia adalah menolak untuk menjadi sedih. Memang sepertinya sulit untuk bisa seperti itu tapi kita tidak akan tau jika tidak mencobanya, ini tidak akan cukup jika hanya dibayangkan tapi harus dilakukan.

Ketulusan tidak hanya dalam urusan cinta saja tapi dalam banyak hal, selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Ketulusan juga merupakan sebuah anugrah yang harus dijaga dan dipelihara, dan itu membutuhkan kekuatan, karena banyak sekali godaannya untuk bisa menjadi orang yang benar-benar tulus. Berbicara tentang hal ini jadi teringat karakter kim Tae Poong yang diperankan oleh Lee Ji Hon dan Jang Sae Byuk yang diperankan oleh Yoona dalam film drama korea You Are My Destiny.


"Ketulusan itu menyenangkan walaupun selalu ga dianggap dan dibarengi dengan kesedihan, maka dari itu aggaplah kesedihan itu sebagai kebahagiaan. cara untuk menjadi bahagia adalah menolak untuk menjadi sedih - rere_retha".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar