Loading...

Jumat, 17 Juni 2011

Masa Depan (Kematian)

Sebenarnya masa depan itu seperti apa? dan masa depan yang sebenarnya itu apa? pertanyaan yang sederhana tapi bingung untuk menjawabnya padahal jawaban itu singkat. sewaktu masih kecil kita pernah ditanya oleh guru-guru kita mau jadi apa? ada yang bilang dokter, guru, presiden, polisi, tapi apakah itu masa depan kita? itu bukanlah masa depan, itu hanya cita-cita yang ingin kita raih agar bisa mewujudkan masa depan yang cerah. tapi seperti apa masa depan yang sebenarnya? 

Masa depan itu adalah sesuatu yang gaib, tidak ada seorangpun yang tahu masa depan itu seperti apa bahkan peramal hebat sekalipun yang selalu meramalkan masa depan seseorang atau negara ini tidak tahu masa depan itu seperti apa, yang tahu masa depan itu hanyalah Tuhan. Masa depan erat kaitannya dengan takdir. Takdir adalah suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempat maupun waktunya. sebagai umat yang beragama takdir itu sebagai bagian dari kekuasaan Tuhan yang harus diimani. Setiap orang memang semenjak lahir sudah mempunyai takdirnya masing-masing tetapi bukan berarti takdir tidak bisa dirubah, sebagai Allah berfirman yang artinya "sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain DIA (Ar Ra'd/QS 13:11)".

Maksud dari ayat diatas adalah bahwa takdir bisa kita rubah jika kita mau berusaha dan bekerja keras. Tuhan menyukai orang yang suka berusaha dan bekerhja keras, jadi janganlah menyerah duluan kepada takdir dan menjadikan takdir itu sebagai suatu kekuatan yang tidak bisa dikalahkan, semakin kuat musuh yang kita hadapi akan menjadikan kita semakin kuat. Lalu apakah masa depan kita yang sebenarnya? sesungguhnya masa depan kita yang sebenarnya adalah kematian, hanya saja masalahnya apa bekal kita untuk menghadapi masa depan itu? kematian adalah sesuatu yang banyak ditakuti oleh orang-orang padahal secara ga sadar mereka semua akan mengalami itu, mereka yang takut adalah mereka yang tidak mempunyai bekal apa-apa untuk menghadapinya, maka dari itu kita hidup didunia ini.

Kita hidup untuk mempersiapkan bekal untuk masa depan kita nanti, hidup untuk berjuang merubah takdir agar mendapatkan hasil yang baik tapi itu tidak semudah yang kita bayangkan. Hidup ini tidak mudah tapi juga tidak sesulit apa yang kita bayangkan, semakin kita dewasa, semakin banyak pengetahuan masalah pun semakin banyak, ya benar masalah akan selalu datang kepada kita dan terkadang kita akan semakin bingung maka dari itu seperti dalam bible "terkadang kita harus berpikir sepolos anak kecil, karena saat kita memikirkan hal yang kompleks kita akan semakin bingung dan peluang membuat kesalahanpun semakin besar". Maka dari itu janganlah menjadikan masalah sebagai beban tapi jadikanlah masalah itu sebagai pelajaran. 

Everything has a shape, a time will rot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar